09/02/2023

Website Resmi Ponpes Sabilurrosyad Gasek Malang

Khidmah Konten dari Pesantren

Kota Tarim, Kota Para Ulama

Halimah Alaydrus merupakan seorang pendakwah atau da’iah yang lahir di Indramayu, Jawa Barat pada tanggal 2 April 1979. Beliau merupakan sosok pendakwah perempuan yang banyak digandrungi para remaja putri sebab setiap dakwah yang disampaikannya mudah dipahami dan sesuai realita kehidupan remaja saat ini. Sosok Ustadzah Halimah Alaydrus begitu orang menyapanya memberi insight amat luas bagi semua kalangan baik dari remaja, dewasa, atau lansia sekalipun. Terlebih melalui karya-karya tulisnya yang sampai hari ini telah mencapai 9 buku, sebuah pencapaian yang sangat luar biasa dari sosok Ustadzah Halimah Alaydrus dengan padatnya kesibukan berdakwah menyebarkan agama Islam dari satu kota ke kota lainnya.

Salah satu buku beliau yang baru-baru ini banyak dicari yakni buku berjudul “Assalamualaikum Tarim” dimana buku ini termasuk buku best seller beliau tahun 2022. Assalamualaikum Tarim merupakan buku yang bercerita mengenai pengalaman pribadi beliau atau lebih tepatnya sebuah perjalanan menemukan diri sendiri sesuai tagline yang terdapat pada cover buku. Dalam penyusunan buku ini, dibersamai dengan perjalanan ketiga negara yakni Turki, Mesir, dan Yaman yang dilakukan bersama kawan-kawan beliau. Setelah hampir 18 tahun beliau tidak pergi kota Tarim, Hadramaut, Yaman tersebut.

Judul Buku                : Assalamualaikum Tarim

Penulis                        : Halimah Alaydrus

Penerbit                      : Wafa Production

Tahun Terbit             : 2022 Cetakan ke-2

Genre                         : Pengalaman Penulis

Tebal Buku                : 151 halaman

ISBN                           : 978-602-15833-3-3

Tarim adalah sebuah kota yang berada di Hadramaut Yaman, dimana kebanyakan masyarakat dunia terutama masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai Kota Surga yang ada di dunia atau Ustadzah Halimah Alaydrus menyebut dalam bukunya “Guru Bagi yang Tak Memiliki Guru”. Penyebutan tersebut tentu bukan tanpa alasan sebab di kota Tarim para laki-laki sholih dan wanita sholihah dilahirkan yang mungkin tidak banyak kita temui di negara Indonesia ini hingga beliau menjadi ‘ulama terkemuka banyak digandrungi anak-anak muda khususnya. Selain itu kota Tarim juga merupakan kota sejuta ‘ulama sebab disanalah berkumpulnya para ‘ulama termasuk Habib Umar bin Hafidz dzuriyyat daripada Rasulullah SAW gurunya para ‘ulama Indonesia.

Baca Juga : Bahas Sistem Kaderisasi, Santri Betek ini Raih Juara 1 Lomba Esai Se-IPPNU Jatim

Buku Assalamualaikum Tarim dari segi penjelasan sangat ringan dan mudah dipahami oleh pembaca serta halaman yang disajikan per bab nya tidak terlalu banyak sehingga pembaca yang mungkin kurang suka membaca akan merasa ingin ditambah halamannya. Sebab cerita per bab yang dijelaskan Ustadzah Halimah Alaydrus ini membuat keingintahuan pembaca semakin meningkat. Walaupun demikian pembaca berusaha untuk maklum karena cerita Ustadzah Halimah Alaydrus ini didasarkan dari ingatan beliau 18 tahun lalu yang sesuai penjelasan beliau banyak yang tidak tertulis sebab beliau sendiri lupa.

Buku Assalamu’alaikum Tarim ini serat akan pengetahuan bagi kita semua mengenai dzuriyyat-dzuriyyat Rasulullah SAW yang digambarkan jelas oleh Ustadzah Halimah Alaydrus. Beliau tidak hanya sebatas bercerita saja namun juga memberikan foto atau ilustrasi yang terlihat disana. Terutama bagi kita yang mungkin ingin pergi ke Kota Tarim untuk menimba ilmu namun belum merasa cukup dalam banyak hal buku ini sangat mengobati keinginan kita. Sembari segalanya dicukupkan oleh Allah kita juga ikhtiar melalui membaca perjalanan orang yang pernah menginjakkan kakiknya di Kota Wali tersebut serta berdo’a semoga Allah segera izinkan kita pergi menimba ilmu disana.

Penulis : Binti Zakiyyatul Faqiroh