08/02/2023

Website Resmi Ponpes Sabilurrosyad Gasek Malang

Khidmah Konten dari Pesantren

Bahas Sistem Kaderisasi, Santri Betek ini Raih Juara 1 Lomba Esai Se-IPPNU Jatim

Eliza Putri Kamalia berhasil menjuarai lomba esai Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Timur pada 27 Desember 2022 di Pendopo Kabupaten Pamekasan. Eliza merupakan santri putri Pondok Pesantren Sabilurrosyad III atau terkenal dengan Ponpes Betek.

“Berawal dari kegelisahan saya selama mengikuti berbagai kaderisasi di IPPNU”, ucap Eliza mengawali kisahnya kepada Ponpesgasek.id, Selasa (3/12/23).

Eliza kemudian menyebut beberapa permasalahan yang dialaminya tersebut. Mulai dari lamanya pembagian sertifikat, sulitnya akses untuk mendapatkan materi, hingga kesalahan menulis data peserta.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang (UM) ini mengemas kegelisahannya secara menarik dengan menulis.  Melalui esainya yang berjudul “SIKAP : Sistem Kaderisasi Pelajar NU Berbasis Website Terintegrasi” ia tuntas memberikan berbagai solusi yang komprehensif.

“SIKAP menawarkan solusi all in one soal sistem kaderisasi yang terintegrasi secara digital,” kata Pengurus bidang Jaringan dan Komunikasi dan Informasi (Jarkominfo) PC IPPNU Kota Malang ini.

Perempuan asal Blitar ini menilai, pentingnya menerapkan digitalisasi dalam sistem kaderisasi guna mencegah hilangnya arsip-arsip penting, salahsatunya sertifikat. Eliza lantas menawarkan solusi untuk lebih mudah dalam penerapannya, yaitu mengemasnya kedalam kode QR atau barcode.

“Untuk merealisasikan ide ini, saya tidak bisa sendirian, tentu perlu kolaborasi dengan teman-teman bidang lain, khususnya IT,” katanya.

Menulis bagi Eliza adalah merawat ingatan. Karena lewat tulisan, kejadian sekarang bisa direkam dan masih bisa diingat di masa depan.

“Kita tidak akan pernah sampai kalau tidak memulai, jadi jalan sambil belajar. Kalau kamu bukan anak raja, maka menulislah,” tutup Eliza memberikan motivasi dengan mengutip perkataan Imam Ghazali.

Editor : Cheppy Eka Juniar