28/05/2022

Ponpes Sabilurrosyad Gasek

Khidmah Konten dari Pesantren

Latih Keterampilan Menulis Santri Gasek, Gasmul Adakan Kelas Jurnalistik

Sesi foto bersama para peserta, Minggu (17/04/2022)

(Foto. Alfa’uzun Nisak)

Ponpesgasek.id — Gasek Multimedia (Gasmul), badan otonom dari Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek yang fokus pada bidang media mengadakan kegiatan “Kelas Jurnalistik”. Dengan mengangkat tema “Jurnalisme Pesantren: Cara membuat Straight News”. Bertempat di gedung SMP Islam Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang, Minggu (17/04/2022).

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Gasmul, dan masuk ke kegiatan inti yaitu penyampaian materi oleh pemateri.

Arie Muhammad Dliyauddin, Direktur Gasmul memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini dengan memberikan pesan optimisme kepada para peserta.

“Saya harap divisi web dapat hidup kembali dan saya harap kegiatan ini bukan yang terakhir, semoga masih ada kelanjutan, mungkin semacam seminar atau lainnya” harapnya.

Cheppy Eka Juniar, pemateri sekaligus koordinator divisi web Gasmul mengatakan, kegiatan kelas jurnalistik ini bertujuan untuk melatih keterampilan menulis para santri.

“Juga dapat memberikan wawasan baru mengenai jurnalisme pesantren kepada teman-teman santri Gasek, khususnya yang akan menjadi kontributor ponpesgasek.id.” lanjut Mas Cepi, sapaan akrabnya.

Dalam sesi penyampaian materi, Mas Cepi menjelaskan mengenai jurnalisme pesantren, tahapan menulis berita, wawancara, membuat straight news, hingga penutup.

Selain itu, dirinya juga memberikan referensi dari berbagai website seperti jatim.nu.or.id, ponpesgasek.id, dan lain sebagainya.

Acara berikutnya yakni sesi tanya jawab dan penugasan. Para santri antusias mengajukan beberapa pertanyaan. Dimulai mengenai penyusunan outline hingga isi dari straight news itu sendiri.

Ayu Dayang Lestari, salahsatu peserta kegiatan tersebut menyampaikan kesan baiknya setelah mengikuti kegiatan kelas jurnalistik.

“Saya merasa mendapatkan ilmu baru, karena baru kali ini mendalami liputan jurnalistik.” terangnya.

Dan menurut ia, tambahnya. Kelas ini merupakan ilmu yang unik sehingga dirinya merasa tertantang untuk mempelajari lebih dalam lagi.

Penulis     : Maghfirotul Izzaty Maulaniyah

Editor       : Alfa’uzun Nisak