09/12/2022

Ponpes Sabilurrosyad Gasek

Khidmah Konten dari Pesantren

Jelang Pembukaan Liga Gasek 2022, Begini Aturan Mainnya

Foto. Buana Futsal

Ponpesgasek.id —  Perhelatan perdana Liga Gasek 2022 akan digelar pada Minggu, 24 Juli 2022 di Buana Futsal, Lowokwaru Kota Malang. Sebelumnya, pengurus sudah mengadakan technical meeting (TM) pada Rabu, 20 Juli 2022 di teras Masjid Nur Ahmad Gasek. TM dihadiri oleh perwakilan masing-masing tim untuk menyepakati aturan main yang digunakan dalam liga tersebut. Selain itu juga untuk drawing pembagian grup A dan B.

Penanggung Jawab Liga Gasek 2022, Ahmad Thoriq Tri Sainda, saat ditemui di Kamar Punokawan pada Sabtu (23/07/2022) menerangkan aturan-aturan itu sebagai berikut,

  1. Peraturan hampir sama dengan aturan pertandingan futsal pada umumnya, tetapi lebih fleksibel

Kang Thoriq menjelaskan bahwa hal ini bertujuan untuk memudahkan santri agar bisa mengikuti dengan baik liga ini. Contohnya adalah boleh tidak menggunakan sepatu.

  1. Seluruh tim wajib bermain pada jadwal yang telah ditentukan, jika tidak akan dikenai denda Rp100.000 per tim

Kang Thoriq memperingati agar seluruh tim dapat komitmen untuk mengikuti dengan tertib jadwal yang sudah dibuat. Jika ada tim yang kebetulan tidak bisa bermain pada hari itu maka bisa minta untuk ditukar jadwalnya dengan tim lain. Dengan catatan, maksimal konfirmasi 3 hari sebelum pertandingan.

  1. Durasi setiap pertandingan adalah 2×10 menit, tidak ada extra time

Kang Thoriq menambahkan bahwa pada babak final nanti menjadi 2×15 menit, ada extra time bila skor imbang dan penalti bila skor tetap masih imbang.

  1. Masing-masing tim membayar Rp30.000 untuk setiap pertandingan

  2. Mendapat kartu kuning dikenai denda sebesar Rp15.000 sedangkan merah Rp20.000

Kang Thoriq menerangkan bahwa hal ini bertujuan agar pertandingan berjalan sportif dan minim pelanggaran serta untuk membentuk jiwa solidaritas mereka.

  1. Babak semifinal mempertemukan empat tim, yakni dua tim teratas dari setiap grup

  2. Babak final mempertemukan dua tim, yakni puncak klasemen dari setiap grup

Lebih lanjut, Kang Thoriq berpesan agar seluruh aturan tersebut dapat komitmen dijalani bersama sehingga program kerja ini dapat terlaksana dengan baik.

Sebagai informasi tambahan, seluruh hasil pertandingan setiap pekannya atau pun hal menarik lainnya akan disampaikan melalui website resmi ponpesgasek.id.