09/12/2022

Ponpes Sabilurrosyad Gasek

Khidmah Konten dari Pesantren

Sosok Santri Gasek Luncurkan Lagu Kyai, siapa dia?

(Dok: Aisyah)

Siti Aisyah Firdaini yang akrab disapa Aisyah tengah berbahagia. Santri Gasek asal Kabupaten Probolinggo ini telah meluncurkan sebuah lagu berjudul ‘kyai’. Lagu itu ia ciptakan dalam rangka milad abah yai Marzuqi mustamar yang ke-55 tahun kemarin.

Lantas, kenapa aisyah tertarik menggubah lagu tentang ‘kyai’ yang dinyanyikan sendiri?

Ia mengaku, ikhtiar awal mula sebelum mencipatakan lagu ini, berangkat dari gojlokan teman sebayanya di pondok pesantren dengan lontaran “Mbok yo o gawe lagu, kan sampean seneng nyanyi. Dari gojlokan tersebut ia menemukan inspirasi untuk menggugah gairah menciptakan sebuah lagu. Lagu ini menggambarkan sosok kiai yang ia patuhi.

Menciptakan lagu ini sebanarnya sudah 1 tahun yang lalu ia buat. Namun, kedepan harapannya ia mempunyai lagu kenangan yang di hadiahkan ketika miladnya abah yai Marzuqi Mustamar. Sungguh luarbiasa. Pasalnya dimata Aisyah, sosok kiai adalah penuntun dan mengajarkan sesuatu yang benar dan jelas.

“lagu ini sebuah ungkapan, dan kembali kepada siapa yang mendengarkan dan merasakan maknanya. Jadi, saya kumpulkan beberapa pesan yang saya dapati dari beberapa guru saya”, kata Aisyah

Ia bercerita, bahwa peran kiai sebenarnya bukan hanya kepada seorang sosok saja, melainkan sebagian besar kepada guru-guru ia yang mana semuanya sudah ada dalam sisi abah yai Marzuqi. Terlebih lagi kepada abah yai Marzuqi dimana pun setiap ngaos dengan para santrinya pasti tak lepas dari untaian kalimat “santri harus ikut, serta berperan untuk bangsa dan Negara”.

Lirik lagu ‘Kyai’

Kyai

Cahaya hati

Guru kami

Hingga akhir hayat nanti

Pengorbanan dan ilmu yang kau berikan

Serta bimbingan  kan kami perjuangkan

(dibaca 2 kali)

 

Intro…

Guru kami… hingga akhir hayat nanti

Kyai

Cahaya hati

Kami santri

Tuk bangsa dan NKRI

Kan kujaga namamu dalam raga ini

Ridlo ilahi menjaga sang guru kami

Kiai Marzuqi…

Tonton selengkapnya di channel youtube ponpesgasektv https://youtu.be/U6ld7aXmaCs

Makna dari lagu ‘kyai’ adalah jangan kita terpengaruh dengan daya oranglain, apalagi di era zaman ini yaitu banyaknya berita yang tidak mengenakkan atau disebut Hoax. Ditujukan kepada sosok kiai adalah bukanlah orang yang sembarangan, akan tetapi sosok guru kita yang mengarahkan kepada hal kebaikan yang awalnya tidak mengenal baik dan buruknya sesuatu. Nah, di lagu inilah ia ingin menggambarkan sebenarnya bagaimana peran sosok kiai dalam pesantren.

Dalam lirik lagu ini aisyah ingin menyampaikan pesan utama, yaitu pertama santri yang hebat adalah santri yang dengan sigap berkhidmat kepada kiainya.

Full khidmah full barokah

*lagu ini diluncurkan pada miladnya K.H Marzuqi Mustamar ke-55 tahun

Pewarta : Ikbar Zakariya