Oktober 16, 2021

Ponpes Gasek

Khidmah Konten dari Pesantren

Santri Gasek Peringati Gebyar Muharram 1443 H dan HUT Kemerdekaan Ke-76 hingga Bedah Buku

Ponpesgasek.id–Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang kembali memeriahkan sekaligus membuka acara Gebyar Muharram 1443 H & HUT Republik Indonesia ke-76 di Masjid Nur Ahmad pada Kamis (12/08). Dalam pembukaan semarak gebyar ini, dibuka langsung oleh Gus Nurul Ilmi Badrud Dhujjah tersebut secara simbolis.

Selain itu, peringatan Gebyar Muharram & HUT RI ke-76 tahun ini bertema “Dengan semangat 45 untuk Indonesia bangkit melawan pandemi” dengan harapan santri dapat memeriahkan Tahun baru Islam, melalui bakat dan kreativitas meski pada masa pandemi.

Bukan hanya perlombaan, akan tetapi terdapat rangkaian kegiatan yang menarik

Tepat malam Jum’at setelah kegiatan rutinan, dilakukannya ziarah ke pesarean Al magfurlah K.H Murtadlo Amin yang diikuti seluruh Santri Putra baik tingkat SMP/SMA maupun Mahasiswa. Selang waktu sampai setelah salat Isya, para santri melantunkan selawat Burdah sebagai rangkaian acara Pembukaan Gebyar Muharram 1443 H, hingga bedah buku “Ulama Falak” yang di pandu oleh Ustaz Tarekh Aziz dihadiri pula Gus Kafa Ainul Aziz selaku narasumber Bedah Buku.

Sementara itu Gus Kafa menceritakan keseharian beliau K.H Murtadlo Amin semasa hidupnya hingga menjadi Ulama yang sangat alim terutama dibidang ilmu falak. Bedah buku kali ini ditutup dengan video memorian Abah Murtadlo Amin. Suasana pun menjadi sedih dan haru melihat galeri muda semasa beliau Abah Dlo’ masih muda sampai akhir hayatnya.

Kegiatan pembukaan Gebyar Muharram 1443 H dan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76, turut dihadiri oleh para Gawagis Ponpes Gasek diantaranya gus Kafa Ainul Aziz, gus Angga dan gus Nurul Ilmi Badrud Dhujjah. Sedangkan dalam rangkaian acara ini, diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dipandu oleh Delvin Pratama, serta Mauidloh hasanah diisi oleh gus Nurul Ilmi Badrud Dhujja selaku Pengasuh Ponpes SMP/SMA Putri Sabilurrosyad yang juga memberikan wejangannya. Sementara itu beliau menyampaikan tentang makna dan sejarah Tahun baru Hijriah dengan sangat menarik dan interaktif, sehingga para santri dan tamu undangan mengikuti dengan penuh khidmat dan antusias

Ketua pelaksana Gebyar Muharram dan HUT ke-76 kemerdekaan menyampaikan “Acara sangat meriah dan para santri sangat antusias dalam acara pembukaan Gebyar muharram dan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76”, Pungkasnya.

“Para santri mengikuti kegiatan tahunan seperti ini sampai selesai karena masih ada perlombaan dan upacara yang akan berlangsung 17 Agustus besok“, Harapan Wildan Al-kautsar selaku Ketua Panita acara.

Keluarga Besar Ponpes Sabilurrasyad Gasek Malang mengucapkan selamat tahun baru 1 Muharram 1443 H.

*Siaran lengkapnya bisa ditonton di link berikut https://youtu.be/V15R-bdSiCA

Pewarta: Jamaluddin

Editor: Zakariya Ikbar